Jumat, 29 Juni 2012

Arti Iklan

Apa itu iklan ? Ya pertanyaan ini perlu dijawab terlebih dahulu sebelum kita membahas lebih jauh tentang definisi turunan lainnya. Seringkali kita mendengar kata iklan di media cetak atau media elektronik. Contoh seperti di media cetak yang berupa koran, kita sering membaca tulisan "iklan kecik" atau "iklan baris".  Sehingga kata yang terdiri dari lima huruf ini sangat familiar di telinga kita, ada yang benci juga ada yang suka. Untuk definisi iklan kali ini saya ingin menyampaikan terlebih dahulu padanan kata iklan di beberapa negara dengan menggunakan google translator :

inggris (Ad), afrika (advertensie), albania (Ad), Arab  إعلان, Armenia (Սպամ), Azerbaijan (reklam), Basque (ad), Belarusia (аб'яву), Bengali (বিজ্ঞাপন), Bulgaria (реклама), Catalan (anunci), Chinese simplified (广告), Chinese traditional (廣告),Kroasia (oglas), Republik Ceko (reklama), Swiss (annonce), Belanda (advertentie), Esperanto (Ad), Estonia (reklaam), Filipina (Ad), Finnish (mainos), Perancis (annonce), Galician (Anuncio), Georgia (რეკლამა), Jerman (Anzeige), Greek (διαφήμιση), Gujarat (જાહેરાત), Haitian Creole (anons), Hebrew (מודעה), Hindi (विज्ञापन), Hungaria (hirdetés), Icelandic (auglýsing), Irish (Ad), Italia (annuncio), Jepang (広告), Kannada (ಜಾಹೀರಾತು), Korea (광고), dan lainnya yang tidak bisa saya tuliskan di sini karena keterbatasan waktu.
Jika dilihat dari struktur kata di atas maka paling banyak negara menggunakan kata Ad untuk menyebut iklan, barangkali karena beberapa negara yang menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa resmi mereka seperti filipina, namun yang paling mendekati kata iklan sebenarnya adalah bahasa arab yaitu i'lan atau juga bisa diartikan pengumuman. Sebenarnya jika ditilik dari katanya kemungkinan iklan merupakan serapan dari i'lan yang di Indonesia-kan. Sedangkan secara fakta iklan berisi hal-hal yang perlu diumumkan seperti produk baru atau service baru, dan dalam dunia kontemporer iklan lebih ditujukan secara spesifik pada aktivitas yang komersial. Demikian definisi iklan sejauh yang saya analisa. Sumber : Iklan Internet Murah Efektif Berkualitas Indonesia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar